JAMURESI #2

------------------------

Jamuresi merupakan bagian dari Desa SukajayaKecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sebelah selatan Jamuresi dibatasi oleh bukit Hulu Cijambu atau Awijajar-begitu kami menyebutnya. Sebelah utara, Jamuresi dibatasi oleh sungai Cijolang yang juga memisahkan antara Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Kuningan. Di sebelah barat, Jamuresi berbatasan dengan blok Lebak Jero dan Butaijo yang masuk ke dalam wilayah administrasi Dusun Cikamuning yang merupakan bagian dari Desa Tigaherang. Sedangkan di bagian sebelah timur, Jamuresi berbatasan dengan Dusun Bentuk Sari.

 

 

Gerbang Jamuresi, foto Irfan FN 2015

Setelah memasuki gerbang ini, Jalan Raya Jalan Raden Saleh (Jalan Raya Jamuresi-Selajambe) ini akan terus turun sampai berujung di Jembatang Panjang Cijolang (JEPANG) yang menghubungkan Jamuresi dengan Selajambe (Ciamis - Kuningan). Di kiri dan kanan sepanjang jalan penuh dengan perumahan warga.

 

Jepang, foto Angin 2013


Jamuresi dibagi menjadi dua Rukun Warga (RW), RW Landeuh (RW Cikupa) dan RW Tonggoh (RW Cikabayan). Masing-masing RW memiliki 6 Rukun Tetangga (RT) dengan rerata 25-30 rumah. Seluruh warga Jamuresi muslim taat, militan, semi taat dan tak taat. Untuk kegiatan ibadah, warga Jamuresi memiliki Musola di setiap RT dan dua Masjid Jami. Nurul Falah 1 di RW Cikupa dan Nurul Falah 2 di RW Cikabayan.

 

Masjid Nurul Falah 1, foto Angin 2013

 

Masjid Nurul Falah 2, foto Angin 2013

 

Di Jamuresi juga terdapat satu tempat yang dikeramatkan, yakni komplek pemakaman umum Pasir daran. Di sana terdapat sebuah makam yang oleh warga Jamuresi dijadikan dan dinobatkan sebagai makam keramat. Makam itu adalah makam Ketib Soleh (Eyang Soleh) yang diduga sebagai penyiar atau pembawa agama Islam di Jamuresi khususnya dan Ciamis bagian Selatan.
 
 
Makam Eyang Soleh, foto Angin 2011
 
 
 

Angin Kamajaya

Dzivenx (Irfan FN)

Dream Up