Pada artikel kali ini saya akan membahas cara menjiplak foto dengan Paint Tool SAI. Biasanya Software ini digunakan untuk membuat Anime/Manga, akan tetapi Software ini mampu melakukan hal yang lebih. Sebelum kita mulai menjiplak foto dengan Paint Tool SAI, mari kita siapkan dulu bahan-bahan dan peralatannya.

 

  1. Paint Tool SAI, untuk yang belum menginstall silahkan download dan install Paint Tool SAI dan juga English Patch-nya.
  2. Foto yang akan dijiplak.
  3. Cemilan hehehe.

Silahkan buka Paint Tool SAI, klik File pada Menu Bar, pilih Open, kemudian pilih gambar yang akan di jiplak, disini saya menggunakan foto Nozomi Sasaki, anda bisa mencarinya di Google. Perlu anda perhatikan, resolusi gambar akan sangat berpengaruh pada proses penjiplakan ini, karena kita akan melakukan pembesaran gambar untuk mempermudah membuat garis-garis, seperti membuat bentuk kepala, alis, mata, hidung, bibir, sehingga hasilnya akan lebih baik.

 

Membuat Lineart

Pada Layer Panel kita klik New Linework Layer untuk membuat Linework Layer, posisi Linework Layer harus berada diatas Layer Foto. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Photoshop, Tool pada Paint Tool SAI tidaklah jauh berbeda, seperti Curve, Brush dan lain-lain. Pilih Curve pada Tool Box, sesuaikan Brush Size, lakukan pembesaran gambar dengan cara mengklik tanda + pada Tool Bar hingga sisi-sisi bagian kepala terlihat jelas. kemudian anda buat garis pada pada sisi-sisi kepala, seperti telinga, dagu, pipi dan lain-lain. Jika sebagian kepala tertutupi rambut maka anda cukup memperkirakan garis tersebut. Kemudian buat bagian mata, alis, hidung, bibir leher dan baju, bedakan warna line untuk bagian rambut. Untuk bagian rambut yang menutupi wajah buatlah Linework Layer baru untuk memisahkannya. Contoh : lihat gambar dibawah ini.

 

 

Gunakan Edit Tool pada Tool Box untuk merapikan garis yang anda buat tadi.

 

Proses Pewarnaan

Setelah kita selesai membuat bentuk-bentuk diatas, mari kita lanjutkan ke proses pewarnaan. Pilih Layer Linework, gunakan Magic Wand untuk menyeleksi area yang akan kita warnai, lihat gambar dibawah ini.

 

 

Pastikan semua bagian wajah terseleksi, kecuali bagian mata, alis dan bibir. Jika masih ada yang belum terseleksi silahkan pilih Select kemudian gosokan pada area yang belum terseleksi.

Buat Layer baru dengan cara Klik New Layer (layer biasa) pada Layer Panel. Untuk sampel warna kulit anda bisa menggunakan Color Picker atau dengan menekan tombol "alt" pada keyboard, klik pada area yang akan diambil warnanya, bisa dari bagian wajah atau leher. Gunakan Bucket untuk menumpahkan warna pada area yang sudah diseleksi, pastikan dalam keadaan terseleksi.

Pada Layer Panel klik New Layer Set (icon folder) untuk mebuat Set, ini berfungsi sebagai grup untuk masing-masing layer. Dobel klik pada Set untuk merubah namanya, ganti namanya terserah anda, saya disini menamainya "wajah". Tekan dan tahan Layer kemudian masukan kedalam Set.

Lakuan cara seperti diatas untuk mewarnai bagian mata, alis, bibir, leher, rambut dan baju, buat Layer untuk masing-masing bagian. Masukan Layer mata, alis, bibir dan baju kedalam Set untuk bagian wajah, kemudian buat Set baru untuk rambut dan baju.

 

Shadow dan Higlight

Selanjutnya kita akan menambahkan Shadow dan Highlight, apa itu? anggap saja Shadow itu "bagian yang gelap" dan Highlight itu "bagian yang terang" hehe. Pada proses kali ini menurut saya cukup sulit, disamping karena saya bukan seorang pelukis juga karena keterbatasan alat, saya hanya menggunakan mouse (curhat) hehehe. Jika anda mempunyai Drawing Pad mungkin anda tingal gambar saja, tidak perlu step-step diatas. Pada Layer (wajah, bukan layer Lineart-nya) turunkan Opacity hingga foto asli terlihat cukup jelas, dan juga bagian-bagian Shadow dan Highlight-nya, lihat pada gambar contoh, saya berikan tanda panah untuk Shadow dan Highlight. Ambil warna Shadow dengan Color Picker atau dengan menekan tombol "alt" pada Keyboard, kemudian klik Water, atur Brush Size : sesuaikan dengan besar Shadow, Density : dibawah 50, Blending : dibawah 50, Dilution : 0 dan Persistence : dibawah 100, gosokan Water pada bagian Shadow secara perlahan, ikuti alurnya seperti pada foto asli.

Naikan kembali Opacity untuk melihat hasilnya, haluskan bagian Shadow dengan cara menurunkan Density, naikan Blending dan Dilution, jika Shadow overlap ambil warna pada bagian yang normal (warna dasar kulit), atur Density : dibawah 20, timpah Shadow secara perlahan, lakukan berulang-ulang hingga tampak halus. Sesekali turunkan Opacity untuk melihat alur dari Shadow tersebut. Jika dirasa warna Water terlalu kasar dan mencolok atur lagi Density berserta kerabatnya hehehe. Lakukan hal yang sama untuk bagian Hightlight-nya.

Jika warna Highlight sulit terang anda bisa menggunakan warna putih, ambil warna pada Color Wheel, jika belum anda set maka anda tinggal klik Window pada Menu Bar kemudian centang Color Wheel. Untuk detail hidung cara nya hampir sama, atur ukuran Brush sesuaikan dengan pinggiran hidung, biasanya terlihat seperti garis dan berwarna lgelap.

 

Detail Mata, Bibir, Bulu Mata, Alis dan Gigi

Langkahnya hampir sama dengan proses diatas, pastikan anda menyeleksi dulu bagian yang akan dikerjakan, misalkan mata, pilih Lineart, seleksi bagian mata, kemudian pilih Layer mata, turunkan Opacity atau hide Layer wajah untuk melihat detail mata pada foto asli, lakukan penggosokan secara perlahan dan berulang-ulang dan jangan lupa untuk mengatur Density dan lain-lain.

Untuk bagian alis, Klik dan tahan Layer alis, drag kebawah hingga posisinya berada diatas Layer wajah, kemudian tekan "ctrl+E" pada keyboard untuk menyatukan Layer alis dan wajah, gunakan Blur untuk menghaluskan sisi alis.

Buat Layer Lineart baru, pilih curve, atur warna line menjadi putih, hide bagian wajah hingga terlihat jelas alur alis pada foto, buat seperti pada gambar dibawah ini. Gunakan Presure Tool untuk melancipkan ujung-ujung alis, caranya cukup klik dan tahan titik pada line, kemudian geser hingga ukurannya menjadi 0%.

Rubah warna Lineart dengan warna yang lebih gelap dari warna alis pada Layer alis yang sudah digabungkan dengan Layer Wajah, kemudian atur Opacity Layer Lineart-nya supaya warnanya tidak terlalu mencolok dan menyatu dengan warna alis pada Layer wajah.

Pada Layer wajah bagian alis tambahkan sedikit sentuhan, pilih Brush pada Tool Box, atur Brush Size, Density, Preset nya pilih Stringy_S, Blending, kemudian warna. Pada Stringy_S akan memakai dua warna, atur Primary Color dan Secondry Color salahsatunya harus lebih gelap, untuk merubah posisinya anda tinggal tekan tombol "x" pada keyboard. Haluskan sisi alis, gunakan kembali Water, atur semua paramternya sesuai dengan kebutuhan anda.

Gabungkan Layer bibir dan gigi dengan Layer wajah, caranya seperti menggabungkan Layer alis diatas.

Haluskan sisi-sisi bibir, gunakan Blur.

Untuk membuat bulu mata lakukan cara yang sama seperti membuat alis, tetapi untuk sentuhannya menggunakan Water bukan Brush.

Begitu juga dengan baju dan rambut, caranya sama seperti diatas.

Gabungkan semua Layer, haluskan dengan Blur.

Dan inilah hasil akhirnya.

 

Begitulah cara menjiplak foto dengan Paint Tool SAI. Silahkan berkomentar dan selamat menjiplak. Terimakasih. Salam Jiplak hehehe

 


Angin Kamajaya

Dzivenx (Irfan FN)

Dream Up