Cara Membuat Server Lokal atau di kenal juga sebagai localhost dengan menggunakan XAMPP pada Sistem Operasi Windows di Laptop/PC Anda. Lokal Server ini biasanya digunakan oleh developer untuk pengembangan websitenya sebelum diunggah ke web hosting. Selain itu juga bermanfaat untuk kita yang ingin mempelajari pemrograman web.

 

Apa itu XAMPP? XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL Database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU (General Public License) dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. (Wikipedia)

Dengan menggunakan XAMPP, kita tidak perlu lagi repot-repot menginstal software di atas satu per satu. Adapun cara menginstal XAMPP adalah sebagai berikut :

Download XAMPP, untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya Apache Friends, atau klik di sini. Dobel klik pada file XAMPP yang sudah Anda unduh, maka akan muncul dialog konfirmasi UAC (User Account Control, biasanya ini terjadi pada Windows 7, 8, 8.1 dan 10) , kemudian pilih Yes. Jika muncul dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik Ok. Hal ini disebabkan oleh Antivirus pada Laptop/PC Anda. Anda tidak perlu mematikan Antivirus Anda karena ini bukan disebabkan oleh Virus, hanya saja ketika proses instalasi berlangsung prosesnya akan sedikit lambat dikarenakan Antivirus memindai setiap file dari proses instalasi teresbut.

Sekali lagi anda akan diminta untuk mengkonfirmasi UAC (User Account Control), klik Ok.

Setelah muncul window seperti di bawah ini Anda klik Next.

Anda akan diminta untuk memilih apa saja komponen yang akan diinstal. Saya sarankan biarkan saja apa adanya, kemududian klik Next.

Silahkan pilih lokasi folder untuk meletakan file instalasi XAMPP, di sini Saya menggunakan C:\xampp untuk lokasinya, kemudian klik Next.

Anda bisa menghilangkan centang pada Learn more about BitNami for XAMPP, atau jika anda ingin membacanya biarkan saja dalam keadaan tercentang, kemudian klik Next. Jika anda mencentang Learn more about BitNami for XAMPP maka otomatis akan membuka web browser (seperti Internet Explorer, Firefox, Chrome dll.). Anda bisa membiarkan atau menutup web browser tersebut.

Kembali ke window setup XAMPP, selanjutnya klik next.

Tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai.

Setelah selesai maka akan mucul window seperti di bawah ini. Jika Anda ingin langsung membuka XAMPP Control Panel maka biarkan tercentang, kemudian klik Finish.

 

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP Dan Memulai Server

Klik Start Menu, kemudian XAMPP dan klik XAMPP Control Panel, setelah terbuka klik tombol Start untuk memulai Apache dan MySQL. Lihat pada gambar di bawah ini, fitur Service mungkin tidak berjalan semestinya, terutama pada Windows 10 dikarenakan UAC (User Account Control).

Supaya XAMPP dapat berjalan semestinya Anda tutup dulu XAMPP Control Panel dengan cara klik tombol Quit. Buka Window Explorer, pergi ke lokasi di mana Anda menyimpan file isntalasi XAMPP, misal C:\xampp, kemudian klik kanan pada xampp-control.exe pilih Properties maka akan terbuka Window xampp-control.exe Properties, klik tab Compatibility lalu centang Run this program as an administrator, kemudian klik Aply dan Ok.

Buka kembali XAMPP Control Panel, centang Service Apache dan MySQL, ini berfungsi untuk memulai Apache dan MySQL secara otomatis ketika anda menghidupkan Laptop/PC Anda tanpa harus membuka XAMPP Control Panel terlebih dahulu. Klik tombol Start untuk memulai kedua komponen tersebut.

Buka web browser favorit Anda kemudian ketik localhost pada address bar, jika Anda menginstal XAMPP dengan benar maka akan tampil halaman pemilihan bahasa, klik English setelah itu anda akan diarahkan ke localhost/xampp/.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan berkomentar. Terimakasih.

 

Katakan HALO DUNIA! Dengan PHP


Angin Kamajaya

Dzivenx (Irfan FN)

Dream Up