Setelah kita Membuat Server Lokal dengan XAMPP sekarang kita akan membuat sebuah halaman web sederhana dengan PHP. Langkah pertama mari kita buat dulu folder yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file web-nya, caranya buka Window Explorer kemudian buka folder xampp\htdocs\.

Buat folder baru di dalamnya, kemudian ubah namanya menjadi latihan atau terserah Anda. Buka folder yang Anda buat, kemudian buatlah Text Document.txt lalu beri nama index dengan ektensi php (index.php).

 

Jika Anda tidak melihat ekstensi pada file klik File pada menu bar Window Explorer, klik Folder Option, klik tab View kemudian hilangkan centang pada "Hide extensions for known file types" klik Ok.

 

Seharusnya sekarang Anda sudah bisa melihat ektensi file-nya, jika ektensinya menjadi seperti ini (index.txt.php) maka ubah lagi namanya menjadi index.php. Setelah itu klik kanan pada file index.php pilih Open with, kemudian pilih Notepad atau Text Editor laiinya. Anda juga bisa menggunakan Dreamweaver. Di sini saya menggunakan Notepad++, bedanya dengan Notepad biasa adalah adanya Syntax Highlighter atau pembeda alur sintaks, anda bisa mengunduhnya langsung dari website resminya, silahkan klik di sini.

Kode atau sintaks PHP harus dimulai dengan tag "<?php" atau "<?" (short open tag, tag ini sudah jarang dipakai pakai pada PHP5) dan diakhiri dengan tag "?>" (ingat tanpa tanda kutip). Sekalipun file-nya berkekstensi .php, kode PHP tidak akan berjalan semestinya tanpa tag tersebut, alhasil kode-kode yang Anda tulis hanya akan dianggap sebagai teks biasa atau HTML.

Tulis kode seperti di bawah ini pada file index.php Anda.

  1. <?php
  2. $string = 'Halo Dunia!';
  3. echo "$string";
  4. ?>

Save index.php kemudian buka web browser ketik localhost/(folder yang Anda gunakan untuk menyimpan file web yang Anda buat) misal localhost/latihan.

Penjelasan

Kode "echo" adalah sebuah perintah PHP untuk menampilkan output kedalam halaman web, hasilnya bisa berupa string atau kode HTML yang diimplementasikan pada kode PHP. Bisa juga menggunakan kode "print", tapi kode ini prosesnya sedikit lebih lambat dibandingkan dengan kode "echo".

Tanda petik satu ( siqngle quote ' ) atau tanda petik dua ( double quote " ) ini digunakan untuk memulai dan mengakhiri string. Ada beberapa perbedaan antara penggunaan single quote dan double quote, diantaranya ketika Anda menggunakan single quote untuk membuat ouput dari sebuah variable, contoh : $string = 'Halo Dunia!'; echo '$string'; maka ouputnya adalah $string bukan Halo Dunia!. Jadi single quote akan menganggap variable sebagai string biasa.

Tanda titik koma ";" ini digunakan untuk mengakhiri sintaks. Contoh: $string = 'Halo Dunia!'; echo '$string';

 


Angin Kamajaya

Dzivenx (Irfan FN)

Dream Up